DIVIDEN, PERTUMBUHAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI FAKTOR PENENTU NILAI PERUSAHAAN: BUKTI DARI INDUSTRI MANUFAKTUR KONSUMSI PRIMER

Authors

  • Putri Ayu Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sugeng Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.52859/jbm.v14i1.824

Keywords:

Dividend Policy, Company Growth, Profitability, Company Value

Abstract

Nilai suatu perusahaan mencerminkan efektivitas pengelola sumber daya oleh manajemen dalam mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan menjadi dasar penting dalam pengambilan keputusan investasi strategis oleh investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas perusahaan terhadap nilai perusahaan seluruh emiten manufaktur subsektor barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2023–2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausalitas ex post facto. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang secara resmi dipublikasikan oleh masing-masing perusahaan. Sampel terdiri dari 30 perusahaan dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya, kebijakan dividen dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa profitabilitas menjadi faktor dominan dalam membentuk persepsi investor terhadap kinerja keuangan dan prospek jangka panjang perusahaan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-09-01

How to Cite

Putri Ayu Lestari, Linawati, & Sugeng. (2025). DIVIDEN, PERTUMBUHAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI FAKTOR PENENTU NILAI PERUSAHAAN: BUKTI DARI INDUSTRI MANUFAKTUR KONSUMSI PRIMER. Jurnal Bina Manajemen, 14(1), 115–129. https://doi.org/10.52859/jbm.v14i1.824