DIVIDEN, PERTUMBUHAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI FAKTOR PENENTU NILAI PERUSAHAAN: BUKTI DARI INDUSTRI MANUFAKTUR KONSUMSI PRIMER
DOI:
https://doi.org/10.52859/jbm.v14i1.824Keywords:
Dividend Policy, Company Growth, Profitability, Company ValueAbstract
Nilai suatu perusahaan mencerminkan efektivitas pengelola sumber daya oleh manajemen dalam mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan menjadi dasar penting dalam pengambilan keputusan investasi strategis oleh investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas perusahaan terhadap nilai perusahaan seluruh emiten manufaktur subsektor barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2023–2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausalitas ex post facto. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang secara resmi dipublikasikan oleh masing-masing perusahaan. Sampel terdiri dari 30 perusahaan dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya, kebijakan dividen dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa profitabilitas menjadi faktor dominan dalam membentuk persepsi investor terhadap kinerja keuangan dan prospek jangka panjang perusahaan di masa depan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Ayu Lestari, Linawati, Sugeng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.