CUSTOMER EXPERIENCE DAN E-SERVICE QUALITY SEBAGAI PENENTU KEPERCAYAAN KONSUMEN DI PLATFORM E-COMMERCE

Authors

  • Indira Tribhuwana Tungga Dewi Politeknik Tempo
  • Harry Jundrio Politeknik Tempo
  • Ardiansyah Politeknik Tempo
  • Rahmi Utami Politeknik Tempo
  • Shalfi Andri Politeknik Tempo

DOI:

https://doi.org/10.52859/jbm.v14i1.820

Keywords:

Experience, E-Service Quality, Customer Trust

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Experience dan E-Service Quality terhadap Customer Trust dalam pembelian produk digital melalui marketplace. Sumber data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder. Data primer dengan menyebarkan kuesioner. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 340 responden yang berdomisili di Jabodetabek dan pernah membeli produk digital di Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Penelitian ini menggunakan alat statistic SmartPLS 4. Berdasarkan hasil temuan, pengujian hipotesis menggunakan uji t bahwa Customer Experience berpengaruh terhadap Customer Trust, pengalaman pelanggan yang semakin baik maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang membuat kepercayaan pelanggan akan suatu produk meningkat dan E-Service Quality juga berpengaruh terhadap Customer Trust, kepercayaan pelanggan yang meningkat pada organisasi menunjukkan bahwa kualitas layanan yang telah diberikan oleh perusahaan tersebut dapat diterima dengan sangat baik oleh konsumen. Nilai R-Square sebesar 41,4 %, sisanya 58,6 % dipengaruhi oleh variabel di luar variabel yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Harry Jundrio, Politeknik Tempo

Google Scholar: harry.jundrio@gmail.com

Published

2025-09-01

How to Cite

Dewi, I. T. T., Jundrio, H., Ardiansyah, Utami, R., & Andri, S. (2025). CUSTOMER EXPERIENCE DAN E-SERVICE QUALITY SEBAGAI PENENTU KEPERCAYAAN KONSUMEN DI PLATFORM E-COMMERCE. Jurnal Bina Manajemen, 14(1), 70–79. https://doi.org/10.52859/jbm.v14i1.820