PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, DIGITAL PEMASARAN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CENTURY 21 PROSPER SEMARANG

Authors

  • Oei Michael Leonardo Sebastian Koo Sioe Kwan Universitas AKI Semarang
  • Raden Rara Ayu Widaningsih Universitas AKI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.52859/jbm.v14i1.809

Keywords:

Strategies, Marketing, Digital, Brand

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dalam industri properti menuntut perusahaan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, memanfaatkan pemasaran digital, serta membangun kesadaran merek guna mendorong keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pemasaran, pemasaran digital, dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian di Century21 Prosper Semarang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif dan asosiatif. Data diperoleh melalui kuesioner dari 45 responden dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen tersebut berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian, dengan kesadaran merek memiliki pengaruh paling dominan (koefisien regresi 0,313). Strategi pemasaran dan pemasaran digital juga menunjukkan kontribusi positif terhadap peningkatan minat beli. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,399 menunjukkan bahwa 39,9% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Maka penelitian ini menghasilkan temuan bahwa strategi pemasaran, pemasaran digital, dan penguatan merek berpengaruh dalam meningkatkan performa penjualan properti.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-09-01

How to Cite

Koo Sioe Kwan, O. M. L. S., & Raden Rara Ayu Widaningsih. (2025). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, DIGITAL PEMASARAN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CENTURY 21 PROSPER SEMARANG. Jurnal Bina Manajemen, 14(1), 37–58. https://doi.org/10.52859/jbm.v14i1.809