Evaluasi Dampak Integrasi Tata Kelola dan Sapta Pesona HeHa Ocean Glamping Gunung Kidul, Yogyakarta

Authors

  • Irene Indri Dewi Astuti Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • I Nyoman Sudirman Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • Sugiarto Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • Adinoto Nursiana Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • Fongnawati Budhijono Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo

DOI:

https://doi.org/10.52859/jbm.v13i2.749

Keywords:

Tata Kelola Pariwisata, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi  dampak  integrasi tata kelola dan tujuh elemen Sapta Pesona HeHa Ocean Glamping di Gunung Kidul, Yogyakarta, untuk meningkatkan daya tarik wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan integrasi elemen-elemen tersebut terhadap kepuasan pengunjung. Data dikumpulkan menggunakan pendekatan metode campuran, menggabungkan survei kuantitatif yang didistribusikan kepada 100 pengunjung dan wawancara kualitatif dengan Manajer Resor HeHa Ocean Glamping. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 41,67% elemen Sapta Pesona yang dianggap penting oleh pengunjung telah diterapkan secara efektif di HeHa Ocean Glamping, sementara 13,38% elemen dengan kinerja baik juga telah diterapkan dengan baik, meskipun tidak menjadi prioritas pengunjung. Selain itu, 44,95% elemen memerlukan peningkatan lebih lanjut untuk memenuhi harapan pengunjung. Penelitian ini menyoroti pentingnya peningkatan berkelanjutan dalam kualitas layanan dan perlunya pelatihan staf untuk memenuhi harapan pengunjung. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model tata kelola yang lebih baik untuk pariwisata berbasis alam, khususnya dalam suasana glamping.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-06

How to Cite

Astuti, I. I. D., Sudirman, I. N., Sugiarto, Nursiana, A., & Budhijono, F. (2025). Evaluasi Dampak Integrasi Tata Kelola dan Sapta Pesona HeHa Ocean Glamping Gunung Kidul, Yogyakarta. Jurnal Bina Manajemen, 13(2), 66–72. https://doi.org/10.52859/jbm.v13i2.749