OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN DESA WISATA TUGU SELATAN MELALUI WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.52859/jam.v4i2.846Keywords:
Digital Marketing, Website, Tourism Village, Empowerment, Tugu SelatanAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran digital marketing dalam membangun branding dan meningkatkan visibilitas Desa Wisata Tugu Selatan, Kabupaten Bogor melalui pembuatan dan pengelolaan website resmi desa. Program ini dilatarbelakangi oleh rendahnya eksposur digital Desa Tugu Selatan yang selama ini hanya mengandalkan media sosial dan pemberitaan eksternal tanpa memiliki pusat informasi resmi. Metode kegiatan menggunakan pendekatan pelatihan partisipatif yang dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 8–9 Mei 2025, diikuti oleh pengurus BUMDes Tugu Selatan. Tahapan kegiatan meliputi presentasi, diskusi tanya jawab, serta demonstrasi dan role play dalam merancang struktur dan konten website. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep digital marketing, SEO dan pentingnya website sebagai pusat informasi desa wisata. Peserta berhasil menyusun rancangan awal website yang memuat halaman Beranda, Profil Desa, Wisata, UMKM, Galeri, dan Kontak. Dampak awal dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran dan kemampuan pengurus BUMDes dalam mengelola promosi digital secara mandiri serta terbentuknya rencana strategis pengembangan website sebagai media promosi pariwisata berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan menjadi model pemberdayaan digital bagi desa wisata lain dalam mengembangkan potensi daerah secara kreatif dan berdaya saing di era teknologi informasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kuswandi, Liestyaningrum Rahmadhani Wisnu Putri, Badriyah, Lidia Radjah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




