PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PUBLIC SPEAKING BAGI SISWA SMK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SOFT SKILL DALAM PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT

Authors

  • Yunita Indriany Politeknik LP3I Jakarta
  • Nika Sintesa Politeknik LP3I Jakarta
  • Asep Candra Hidayat Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52859/jam.v4i2.838

Keywords:

Public Speaking, Self-Confidence, Soft skill

Abstract

Pelatihan public speaking merupakan strategi efektif pengembangan soft skill yang  dibutuhkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di era persaingan global saat ini. Tujuannya meningkatkan kemampuan komunikasi verbal, kepercayaan diri, serta kemampuan menyampaikan ide dengan jelas dan persuasif di depan umum. Dengan pendekatan praktik langsung, simulasi, dan evaluasi berkelanjutan, ini dirancang untuk memberikan pengalaman nyata yang mampu membentuk karakter menjadi percaya diri dan komunikatif, baik di lingkungan akademik maupun dunia kerja. Kegiatan PKM ini dilakukan di SMK Walisongo 2 Kota Depok, tanggal 25 April 2025. Penggunaan kuesioner menjadi instrumen penilaian kuantitatif pun dijalankan agar memperoleh indikator numerik pada kegiatan ini.Hasil Penelitian memperlihatkan pelatihan public speaking di SMK 2 Walisongo sangat efektif. Data memperlihatkan peningkatan signifikan pada aspek keterampilan komunikasi, pengelolaan emosi saat berbicara, serta kerja sama tim saat menyusun dan menyampaikan presentasi. Selain itu, pelatihan ini juga mendorong terbentuknya pola pikir positif dan sikap profesional dalam berinteraksi. Dengan demikian, program ini terbukti efektif sebagai upaya peningkatan soft skill yang relevan dengan kebutuhan dunia industri, serta dapat menjadi model pengembangan karakter siswa SMK secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-17

How to Cite

Yunita Indriany, Nika Sintesa, & Asep Candra Hidayat. (2025). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PUBLIC SPEAKING BAGI SISWA SMK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SOFT SKILL DALAM PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT. Jurnal Abdi Mandala, 4(2), 37–46. https://doi.org/10.52859/jam.v4i2.838