PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG KEPADA SMA NEGERI 2 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.52859/jam.v4i2.830Keywords:
Financial Literacy, Financial Statements, Trading Company, Accounting, High SchoolAbstract
Rendahnya literasi keuangan pelajar Indonesia yang hanya mencapai 47,56% dan lemahnya penguasaan kompetensi siklus akuntansi perusahaan dagang (rata-rata 42%) menimbulkan kerentanan terhadap perilaku konsumtif dan investasi bodong. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa SMA Negeri 2 Jakarta dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis yang rasional. Metode pelaksanaan menggunakan tujuh tahapan strategis meliputi pertemuan awal, survei dan observasi, Focus Group Discussion (FGD), persiapan materi, penyuluhan, pelatihan praktis, evaluasi, serta pelaporan. Peserta terdiri atas siswa jurusan IPA dan IPS kelas X–XII yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan aktif melalui ceramah interaktif, diskusi, workshop, serta praktik langsung penyusunan empat komponen laporan keuangan, yakni laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan perubahan modal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kompetensi peserta secara signifikan, tercermin dari partisipasi aktif, antusiasme tinggi, serta umpan balik positif terhadap materi dan metode pelatihan. Peserta mampu memahami alur penyusunan laporan keuangan dengan lebih baik dan menerapkan prinsip dasar akuntansi secara tepat. Kegiatan ini memberikan manfaat nyata bagi peningkatan literasi keuangan dan kesiapan ekonomi siswa sekolah menengah, sekaligus menjadi model pembelajaran aplikatif yang dapat direplikasi di sekolah lain dalam upaya menumbuhkan calon wirausahawan muda yang berintegritas dan berorientasi pada transparansi laporan keuangan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Henryanto Wijaya, Cornelius Beethoven Vanchance, Hendro Cong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




