PENGARUH DIGITALISASI DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GCG SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Ivan Leonardo Universitas Jambi
  • Fitrini Mansur Universitas Jambi
  • Riski Hernando Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.52859/jba.v12i2.767

Keywords:

Digitalization, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Firm Value

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh pengungkapan digitalisasi dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan, serta peran Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel moderasi pada perusahaan teknologi yang terdaftar di BEI periode 2021-2023. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data dari laporan tahunan dan keberlanjutan 20 perusahaan, dipilih melalui purposive sampling. Analisis dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS 4. Hasilnya, pengungkapan digitalisasi dan GCG berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara CSR tidak berpengaruh. GCG juga tidak berperan sebagai moderator dalam hubungan tersebut. Penelitian ini mengisi kesenjangan literatur dengan memberikan kontribusi baru terkait pengungkapan digitalisasi yang masih jarang dieksplorasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitrini Mansur, Universitas Jambi

Lektor Kepala di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi, bidang keilmuan akuntasi keuangan, Dengan tugas tambahan sebagai Koordinator Program Studi Akuntansi.

Riski Hernando, Universitas Jambi

Lektor di Prodi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Dengan tugas tambahan sebagai Sekretaris Jurusan Akuntansi.

Published

2025-07-01

How to Cite

Ivan Leonardo, Fitrini Mansur, F. M., & Riski Hernando, R. H. (2025). PENGARUH DIGITALISASI DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GCG SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Bina Akuntansi, 12(2), 24–39. https://doi.org/10.52859/jba.v12i2.767